Tips Memilih Nama Domain Buat Kamu yang Ingin Membuat Website

Posted on

Website tidak hanya berperan sebagai alat promosi, tapi juga menjadi suatu bentuk properti online layaknya usaha fisik yang ada di dunia nyata. Maka itu, mulai dari segi tampilan, informasi, dan lainnya harus diutamakan. Jika tidak, website tidak akan terlihat di mata audiens. Buat kamu yang masih pemula dalam hal membuat situs baik untuk kepentingan pribadi atau usaha, ada beberapa istilah yang perlu diketahui.  Salah satu di antaranya yaitu domain sebagai nama alamat dari sebuah website. Simak tips memilih dan cek nama domain berikut agar situs milikmu mudah diingat banyak orang.

Memilih Nama DomainMengenal Istilah Domain

Domain bisa disebut sebagai nama alamat dari sebuah website. Sebuah website bisa dijangkau jika sudah diketahui alamat dari lokasi server dimana website tersebut disimpan (di hosting). Alamat server tersebut adalah IP address atau Internet Protocol address. IP Address biasanya terdiri dari beberapa angka dan cukup sulit untuk mengingatnya. Maka itu dibutuhkan domain untuk mewakili alamat IP tadi agar lebih mudah diingat dan dibaca.

Fungsi utama dari domain memang untuk memudahkan banyak orang dalam mengakses dan mengingat sebuah situs. Meski begitu jangan sampai asal dalam memilih nama. Nama yang tidak pas atau cocok akan membuatnya melenceng dari tujuan domain.

Tips Memilih Nama Domain

Nama dari domain akan menjadi identitas di internet, sehingga penting untuk memastikan bahwa nama yang kamu pilih sudah sesuai dengan tujuan. Ada beberapa tips juga yang perlu kamu tahu agar tidak salah dalam memilih nama domain. Simak langkahnya sebagai berikut:

  • Memakai Kata Kunci

Sebelum menentukan nama domain, kamu bisa kumpulkan kata kunci dalam jumlah yang banyak dan tentu memiliki keterkaitan dengan tema website. Memilih nama domain yang sesuai dengan tema website akan membantu meningkatkan nilai prioritas di mesin pencari. Misalnya, jika tema website-mu berkaitan dengan jual beli properti, maka gunakanlah kata kunci yang berkaitan dengan tema tersebut, seperti properti, rumah, tanah, bangunan, gedung, dan sebagainya.

  • Menyematkan Lokasi

Atribut lokasi pada nama domain juga berpengaruh untuk memasarkan produk yang kamu jual. Menambahkan nama kota akan membantu khalayak akan apa yang dicari. Misalnya, kamu menambahkan ‘propertibandung.com. Tak hanya itu tapi kamu juga bisa pakai kata kunci yang menjadi nilai tambah (value) dari bisnismu. Cek nama domain bisa kamu lakukan dengan pergi ke situs Dewaweb untuk informasi lebih lanjut.

  • Nama yang Singkat

Semakin kamu menggunakan nama domain yang singkat, maka akan jauh lebih mudah untuk diingat. Tapi, nama yang pendek juga tidak cukup. Tips yang bisa kamu tiru yaitu dengan memadukan antara huruf konsonan dan huruf vokal agar domain dapat dibaca dengan mudah.

Membuat domain dengan brand sendiri juga termasuk ide bagus untuk menarik perhatian khalayak. Hal tersebut sudah terbukti dan terlihat dari beberapa contohnya, seperti google.com, yahoo.com, facebook.com atau twitter.com. Penting juga untuk memastikan nama brand yang akan digunakan belum pernah didaftarkan sebagai merk dagang.

Memeriksa Ketersediaan Domain

Buat kamu yang sudah memiliki beberapa opsi nama domain, coba untuk periksa ketersediaannya. Apakah nama domain yang masuk ke dalam daftarmu sudah ada yang menggunakan atau masih dapat dipesan. Cara cek nama domain yaitu bisa dengan kunjungi situs penyedia hosting dan domain Dewaweb. Semua informasi terkait pembuatan website bisa kamu temukan di sana. Mulai dari nama domain, range harga, hingga paket-paket menarik yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.